BAHAGIA

BAHAGIA

Hai hai hai
welcome back to my the elyxion blog. cheers

Rasanya udah lama banget yah aku g nulis diblog, sekarang aku balik lagi dengan bahasan baru yang sebenernya ini merupakan salah satu tujuan kita hidup. Yups aku mau bahas tentang “BAHAGIA” menurut berbagai perspective.

Setelah semalaman merenung, menganalisis seperti ada sesuatu yang salah dalam hidupku akhir – akhir ini dan akhirnya aku nemu ide, kenapa kegalauanku ini gak aku bikin aja kuisioner chat aja, ya tentang arti bahagia?

Pagi ini aku bangun pagi seperti biasanya, dengan bermodal bismillah aku memberanikan diri buat broadcast ke beberapa teman pilihan dari berbagai latar belakang, dan akhirnya terkumpul +-130an nomer yang harus aku broadcast kuisioner chat.

Aku sadar, dengan mengirim kuisioner chat ini pasti bakalan banyak tanggapan baik positif maupun tanggapan negatif. Dari beberapa tanggapan tersebut ada yang mengindikasi kecuriga-an, ada yang langsung welcome mengirim jawaban, ada yang cuma di read dan g dibales (huhuhu sedih kali awak), ada yang ngasih jawaban ngegas (marah – marah dulu karna merasa terganggu), ada juga yang kasih jawaban kocak. Semua udah aku siapin. Aku mengirim, berarti aku juga harus siap dengan response dari yang aku kirimin.

Sekitar 10-55 menit menunggu, finally mulai muncul jawaban – jawaban dari respondent.

Mashaallah, mungkin ini salah satu serpihan dari kebahagiaan, ahahhaha.
Kita tanya dan dijawab.
Kita berdoa dan di aamiin kan.

Setelah selesai semua kuisioner chat terbalas, ku baca satu persatu. dari dua pertanyaan yg aku ajukan ternyata aku menemukan banyaaak sekali pelajaran dan pemahaman.
Dari dua pertanyaan

“Apa sumber kebahagiaan kalian”
“Arti Bahagia itu apa menurut kalian”

Dan dari pertanyaan pertama aku mendapatkan berbagai jawaban sumber kebahagiaan itu ternyata ada banyak, ada yang menjawab sumber kebahagiaan itu harta rejeki/kemapanan, ketentraman hati, kedamaian, pacar, suami, anak, karir, orang tua, ada juga yang menjawab sumber kebahagiaan itu dari allah/sang pencipta/alah, orang yang disayang, karir, travelling, kuliner, kesehatan bahkan ada juga sumber kebahagiaannya orang lain yang bahkan tidak mengenalnya (salah satu kpopers yang aku jadikan respondent jawabannya sumber kebahagiaannya adalah bias, bias liat bias lewat hp aja udah bahagia).
Gak cukup sampai disitu, aku Tanya lagi dan baca lagi dari pertanyaan pertama setelah kurangkum/kusimpulkan ternyata +-88% responden menjawab sumber kebahagiann mereka adalah sang pencipta yang telah memberikan kesempatan hidup, memberikan kebahagiaan dan memberikan rasa untuk selalu bersyukur.

Dari pertanyaan kedua yaitu arti bahagia menurut para responden antara lain, memiliki hati yang tenang, sabar, bisa berbagi,hubungan dengan allah baik, perasaan senang yang luar biasa, bersyukur, jauh dari hal negative, rasa ceria, rasa semangad, bahagia melihat orang lain bahagia, tidak punya beban atau hutang, tidak membandingkan apa yang dimiliki dengan apa yang dimiliki orang lain, berkumpul dengan orang – orang baik, dihargai, dan appresiasi. Namun dari berbagai macam jawaban tersebut mayoritas responden menjawan arti kebahagiaan adalah saat kita bersyukur dengan nikmat hidup yang telah allah beri apapun keadaannya.

Nah seperti itulah hasil riset kecil yang aku buat beberapa pekan lalu dan baru hari ini aku memberanikan diri untuk menuliskannya diblog.

Ah ternyata selama ini aku masih jauhh sangat sangat jauh mengartikan kata bahagia, mulai sekarang mari kita belajar bersyukur belajar menikmati hidup agar bahagia selalu menyapa.

Salam hangat dari aku 🙂

Advertisements

Tentang Hidup

kajian rutin bulanan kantor. Oleh ustad daud arasyid.

Simpang siur kabar berita menyebutkan bahwa taun 2019 volume air akan berkurang dan berdampak pada kemarau panjang membuat kami prihatin dan miris. Dilain sisi akhir tahun 2018 kami (indonesia) mengalami kelebihan pasokan air (tsunami dan banjir bandang) namun di tahun 2019 ini harus menghadapi prakiraan cuaca ekstrem global yaitu “kemarau panjang”.

Berikut tips menghadapi kemarau panjang 2019 :
1.jgn habiskan lahan untuk bangunan,
2.jgn habiskan / boros air,
3.jgn buang air lgsg ke selokan (buat sumur resapan dilingkungan),

Selain isu prakiraan cuaca ekstrem kemarau panjang, kini kita dihadapkan dengan perubahan culture global. Padahal dalam agama islam sangat hati – hati dan memikirkan generasi penerus untuk dapat diandalkan dan menjadi panji yang kokoh pembela negeri. Namun semua sirna krna penjajahan culture. Dengan demikian maka dalam islam ada larangan tasyabbuh bil kuffar (meniru) jgn meniru orang kafir. semua sudah nampak jelas di alquran dan hadist. bisa di check ulang dan dibuka buka alquran nya di surat albaqarah.

Larangan meniru kaum kafir sendiri sangat erat hubungannya dengan sejaran umat islam,berikut karakter umat islam :
a. pelopor, pengarah, pemandu, pengendali (syuhada”alan nas= mjd saksi atas manusia).
– islam mjd penjajah di qordoba 8abad (mempengaruhi penamaan hari “jumat = hr libur, friday, dll).
b. Haram mencontoh kebiasaan umat lain (budaya, falsafah hidup, cara pikir, dll).
c. allah melarang mengikuti yahudi/nasrani.
d. mencontoh mereka akan menjerumuskan pd kekafiran.
e. yahudi-nasrani berencana menyesatkan umat islam.
f. umat islam disesatkan 2kali setahun (perayaan natal dan tahun baru).

Bertolak dari kejadian setahun lalu, bahkan bertahun – tahun lalu bs dpastikan kita merupakan kaum pengikut agama pluralisme :
umat islam sama persis dg umat nasrani, budaya dan kebiasaan sudah menyatu. (terompet : yahudi, lonceng : kriaten, kembang api : majusi). kita tanpa sadar sudah melakukan perayaan perayaan serupa.

jadi bisa disimpulkan bahwa kita memang sudah sama dengan mereka.