Sejarah Sambel Serkuring Lampung

Hai guys,…

Selamat pagi, siang, malam buat kalian semua… assalamualaikum

Disini aku mau cerita sejarah singkat dari sambel serkuring lampung ya, hehe

Yups sambel serkuring lampung itu adalah salah satu ide ku, siapa aku? aku adalah anak pertama dari keluarga S2 (sangat derhana) keturunan transmigran asal solo.

Orang tuaku sudah lama tinggal di lampung sejak mereka lahir. Tepatnya aku tinggal di daerah pelosok jauh dari kota dan mall,.. Jangankan mall disini mau ke alfamart, indomaret aja harus menempuh perjalanan melewati perkebunan karet yah +-5km, jangan bayangkan jalanan halus mulus seperti di jawa, jalanan di daerah kami masih selang seling. Selang seling antara jalan tanah, aspal dan bebatuan. Jangan pula dibayangkan sekitar kami pemandangannya indah seperti di bandung, mon maap… pemandangan sekitar jalanan mulai senyap sepi jika sudah menjelah magrib. Diharapkan untuk stay di rumah saja jika tidak ada kepentingan mendesak untuk keluar rumah, karna disekitar kami masih ada begal.

Tapiiiiii jika dirumah kalian bisa tetap menjalin silaturahim ke tetangga sampai tengah malam karna di desa kami belum diberlakukan jam belajar malam. Yaaa biasalah kehidupan di kampung kita masih bisa bebas begadang, bersenda gurau dengan tetangga sambil menyeruput kopi serta suguhan penganan.

Pada malam hari kita juga bisa menikmati indahnya gemerlap bintang hanya dengan keluar rumah. cukup dongakkan kepala depan halaman rumah kalian bisa menikmati indahnya bintang gemintang karna desa kami masih sangat murni minim polusi cahaya. Yah begitulah singkatnya penjelasan detail desa serdang kuring tempat aku tinggal.

Balik lagi ke sejarah sambel serkuring lampung yaaah…

Sambel serkuring lampung? pasti disini sudah banyak yang bisa nebak nama sambel serkuring kan? 👶👶👶…

Yups betullll sekaliii, sambel serkuring lampung itu aku ambil dari kata serdang kuring, dimana serdang kuring adalah nama desa aku. kenapa aku ambil dari nama desa aku? karna aku dilahirkan dan dibesarkan di desa ini. Desa di pelosok dimana banyak orang yang tak tahu dimana lokasinya. Yups bisa di cek di google maps sekarang ya guys cek aja desa serdang kuring, bahuga, way kanan. yups… nah disitulah aku di lahirkan. Sengaja aku ambil dari nama desaku biar kalian banyak sedikit tau oh ada loh lokasi di indonesia yang pelosok hehehe… ups becanda, sebenernya nama itu aku ambil agar aku selalu ingat kampung halaman karna sebagian besar hidupku aku habiskan diperantauan. maklum anak desa untuk mencukupi kebutuhan hidup ya harus merantau karna tidak punya lahan untuk bercocok tanam.

Ide jualan sambel ini sudah lama, tapi baru akhir taun terealisasi, kenapa? karna alhamdulillah setelah resign kerja aku bingung cari kegiatan apa, dan alhamdulillah punya ibuk yang jago masak (masakan keluarga sederhana) dan untuk membantu mengajari ibuk + adek untuk berwirausaha. Selain itu ide ini diharapkan menghasilkan sedikit pundi pundi rejeki yang nantinya bisa berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungan sekitar. Karna bahan bahan produksi kami ambil langsung dari petani sekitar jadi semua bahan masih fresh dan dijamin kualitasnya baik.

Kendala yang masih jadi salah satu kelemahan sambel serkuring adalah proses pendistribusian produk. Karna kami tinggal di pelosok jadi untuk mendistribusikan produk ke konsumen diperlukan cost yang bisa dibilang lumayan karna biaya pengiriman atau biasa kita bilang ongkir 2 hingga 10x lipat dari harga produk. Please pemerintah bantu kami rakyat jelata yang mau mencoba berwirausaha untuk meringankan biaya ongkir hehehe…

Yah begitulah sejarah singkat sambel serkuring lampung.

Sambel Pete

Bagi kalian yang penasaran mau mencicipi langsung atau cari oleh2 khas lampung untuk saudara, teman, kerabat atau orang spesial bisa langsung order via watsap atau hub di ig @sambel.serkuringlampung atau bisa juga datang langsung ke jl. ps. sukajadi dusun sukajadi, desa serdang kuring, kec. bahuga, kab. way kanan, prov. lampung.

fyi. untuk estimasi order pengiriman luar kota 1kg isi +- 4-5botol sambel bisa varian berbeda. kami menyediakn varian antara lain sambel terasi/dilan, bawang, pete, tomat, teri, teri tawar, ikan rebus, jengkol. Untuk proses pengiriman ke luar kota dikirim H+1 dari order. untuk mencoba langsung bisa order dulu via watsap karna sambel akan disiapkan terlebih dahulu agar fresh.

Untuk yang akan mencicipi langsung kami menyediakan menu varian sambel seruit khas lampung.

Silahkan datang dan order bagi kalian yang berminat hehehe malah promosi endingnya… gpp namanya juga usaha khan yah…hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s