Sahabatku Cerewet, Sebuah tulisan untuk seorang sahabat Cyang Bre ^^

Image

Tulisan ini terinspirasi dari kisah nyata dalam kehidupanku sehari – hari sewaktu masih duduk di bangku SMA bahkan sampai saat ini masih sering terjadi. Tulisan ini aku dedikasikan khusus dan spesial buat sahabatku yang cerewet dan suka tanya buanyaaaaak hal namun kami juga sering membicarakan hal – hal yang membuat semangat semakin menggebu karena kami punya mimpi, mimpi yang berbeda dan mimpi yang insyaallah baik untuk kami berdua. Yups sebut saja dia dengan nama aslinya Losviana Devitasari, sering ku panggil bre / cyang bre bahkan di phonebook ku masih nama itu yang ku sematkan di kontaknya hahahaha I’m sorry beib but I love U cause Allah 🙂

Kami bertemu di kelas X saat itu aku tak begitu mengenalnya karna kami beda kelas aku hanya mengenal temannya Isa. Bukan Nani namanya kalo gak bisa mengenal orang dengan baik dalam hitungan detik, hhahaha

Mungkin karena kebiasaanku yang sok kenal sok akrab, ku sambut perkenalan singkat itu dan obrol – obrol tentang kos an, akhirnya sepakat kami ngekos bareng. Aku menggantikan Isa karena dia ngelaju dari rumah sedangkan cyang bre? tak mungkin baginya untuk ngelaju dari rumah setiap hari karea rumahnya jauh. Apalagi gue? gue harus naek pesawat tiap hari dr lampung – jogja? No no no itu sangat gak mungkin bagiku.

Lambat laun kami menjadi akrab, aku jadi tau banyak kebiasaan konyolnya dan aku juga sangat akrab dengan kedua orang tuanya bahkan udah kayak keluarga sendiri,.. huhuhu jadi kangen ibuk bapak + kamu bre 😥 Ah bahkan kau lupa sama janjimu mau njenguk aku dikosan :PDisuatu siang sewaktu kami masih kelas XI kami ikutin bimbel yang lumayan jauh jadi kami minjem sepeda Isa untuk pergi. Sepeda Isa model federal tanpa boncengan jadi kami berdua sepakat buat ke bengkel nambahin batangan di samping as roda belakang buat berdiri. Kami naik sepeda berdua kayak orang pacaran serius. Pertama kali naek sepeda berdua cyang bre aku tarok di depan stang dan aku dibelakang make sadel tapi karna dia lebih tinggi dari aku dia aku suruh buat nunduk hahaha. Dan setelah kami liat ada adek kecil dijalan yang bersepeda berdua yang satu di depan (duduk di sadel) dan yang satunya berdiri di as roda belakang yang disambung dengan batangan besi, kami langsung ke bengkel memodiv sepeda sedemikian rupa, sehingga kami bisa gantian kadang aku yang berdiri kadang cyang bre yan berdiri.

Di tengah terik panas matahari kami melewati perkampungan daerah manding, disana kami ditegur oleh seorang bapak – bapak.

Bapak Tua : Cah wedok kok numpak sepeda koyok ngono ora sopan !

*Aku langsung turun dari sepeda, kebetulan jadwal les siang itu dimajukan, kami berdua langsungan dari sekolah mau les jadi tetep masih make rok dan jilbab.

Aku : Maaf bapak tadi bilang apa? kami tidak sopan?

Bapak Tua : Iya kalian ini pelajar yang tidak sopan, make rok tapi naek sepeda kayak gitu. Make jilbab pula

Aku : Hmm jadi begini ya pak, bapak jangan langsung menjudge kami tidak sopan. Bapak tidak tau kan? Kami tidak punya kendaraan, ini hanya sepeda minjem dan memang tidak ada boncengannya dan kami hanya bisa memodivnya dengan menambahkan batangan tempat berdiri agar kami tetap bisa pergi les berdua. Jadwal les kami dimajukan sehingga kami tidak sempat untuk ganti baju terlebih dahulu. Maaf jika keadaan terpaksa ini menyita perhatian bapak dan bapak anggap tidak sopan, sekali lagi saya minta maaf. permisi

Setelah berucap demikian aku pergi dan langsung berdiri lagi dibelakang. Sungguh menyebalkan mendengar orang yang tidak tau keadaan dan kondisi sebenarnya tapi mereka sudah dengan sangan expert untuk menjudge orang lain yang bahkan dia sendiri tak mengenalnya sama sekali. Bisa jadi pelajaran untuk kita semua.

Di tahun 2008 aku dan cyang bre masih tetap ngekos bareng sampai akhir sekolah kami. Susah senang kami lalui bersama, bahkan pernah di sebelin sama adek kosan yang suka sama temen sekelas sekaligus temen maenku. Ah dasar anak kecil itu. Sudah tau aku orangnya bersahabat dengan makhluk apapun baik yang berwujud laki – laki maupun perempuan tapi kenapa dia sebel? Usut punya usut Cyang bre cerita kalo ternyata adek kos itu suka sama teman kami. Hahaha sontak kami berdua ngakak. Tak mungkin bagi kami berdua buat suka sama makhluk itu, kami sudah anggap teman dan dia sudah kami anggap sebagai seorang cewek meeeeeeeeen,.. kenapa? karena ya memang kelakuannya kayak cewek. Jadi gak mungkinlah kami suka sama seorang cewek yang terjebak ditubuh laki – laki 😀 Setelah semua aku clear in sama si adek kos, akhirnya dia ngerti dan udah gak sebel ma aku, tapi ntah kenapa dia masih sebel sama cyang bre. Ah mungkin karna cyang bre dia anggap sebagai saingannya kali ya hahhaha,.. Lo tau kan bre siapa yang gue maksud wkakkaaka yeah she is “Kaeru”. Kaeru adalah bahasa jepang yang artinya kodok wkwkwkkwk

Sewaktu kami SMA kami berdua suka hal – hal yang berbau jepang, yups sebenarnya kami cuma tau budaya dan teknologi jepang itu lebih maju dari indonesia. Bahkan di setiap akhir bulan kami pergi keswalayan melihat – lihat model sepatu dan tas yang mirip2 kayak yang orang jepang pakai. Tak kotak dan sepatu hitam pantopel. Yups cuma itu. Kami berangkat sekolah jalan kaki dengan ritme yang cepat namun konstan, melakukan aktivitas dikosan berdasarkan timming yang udah disepakati. Kenapa kami melakukan hal ini dan itu? karna setahu kami orang jepang sangat menghargai waktu dan mereka berjalan cepat. Semua kami lakukan dengan cepat.

Pernah ada bazar buku di sekolah aku liat ada kamus jepang kecil waktu itu harganya klo g salah skitar 25an, ku liat – liat dan tanya ke om, bagusan jepang atau Inggris ? Om mengarahkan buat beli yang jepang aja, karna perekonomian jepang lebih maju dan kalo untuk bekerja sebaiknya ya jepang. yaudah aku beli yang kamus jepang mini tersebut yang cuma kadang – kadang kalo lagi iseng aku buka dan baca – baca sambil ngakak di teras kosan gara – gara bahasanya aneh + Unik.

Di penghujung sekolah yang akan usai cyang bre jadi sering mudik karena biar belajarnya konsen kalo di rumah, sedangkan aku? ah dikosan semakin ngawur… mau ujian malah gak pernah belajar. Lebih banyak ngabisin waktu buat memenuhi pesanan aksesoris dari beberapa teman. Dulu aku suka bikin kalung, bros, gelang dll luamayan banget meen untungnya bisa 2kali lipat, apalagi ada temannya temenku yang dari bandung maen ke jogja, wuid dari belanja abis 50rb dia beli buat oleh – oleh aku bikin beberapa model kalung dan gelang yang beda – beda dengan jumlah 8 item aku jual 250rb. LUMAYAN BANGET POKOK E,… smpe pas mau ujian aku juga masih sibuk ngurusin pesanan. Ah pekok memang aku tapi siapa sih yang gak mau dapet untung banyak dan halal? Aku pikir ini sebuah kesempatan meeen yaps kesempatan yang sangaaat langka hahhaay dan LULUS??? ah pasti aku “lulus” kan dulu SMP SD juga lulus, pasti SMA juga bakalan “lulus”.

Siang itu aku ngobrol sama cyang bre

Cyang bre : Udah belajar belum nan?

Aku : belum bre, masih males. Lagian aku mau nyelesain pesanan ini dulu, tanggung jawab e soale

Cyang bre : Kamu gak takut gak lulus?

Aku : Ah ngapain takut bre? kan dulu SD SMP lulus pasti ntar juga SMA lulus haha

Cyang bre : Udah gak pengen rangking lagi? udah gak pengen dapet nilai bagus lagi pas lulus ntar?

Aku : Nilai??? ah buat apasih sekarang mikirin nilai? sekarang lagi banyak temen – temen yang hibinya nyontek sana nyontek sini tapi kamu tau kan kualitasnya gimana? aku gak mau bre, aku cuma mau nilaiku sesuai dengan kemampuanku dan kalopun nanti nilaiku gak bagus aku akuin emang aku udah jenuh buat sekolah. Enakan wirausaha modal dikit orderan banyak dan bisa dapet duit sendiri bisa buat jajan hahaha

Cyang bre : Udah gak pengen jadi profesor? penulis? gak pengen liat bunga sakura? udah gak pengen ke jepang?

Aku : Ke jepang aku masih pengen, jadi profesor aku juga masih pengen, penulis aku juga masih pengen, tapi wirausaha???? I think thats may passion bre, jadi aku mau jepang nanti kalo dah punya uang sendiri dan aku cuma pengen jalan – jalan. Kalo profesor? aku mau jadi profesor didunia kulinar wkkakakaka,.. penulis? aku mau jadi penulis yang hibinya nggombal dan nggombal bikin syair – syair cinta biar makin kamu kagum ma aku 😛

Cyang bre : Yaudah deh nan kalo gitu, aku cuma ngingetin aja biar kamu gak lupa sama sekolahmu. Sekolah juga tanggung jawab loh jangan lupa kamu dikirim kesini buat sekolah bukan buat cari duit buat maen atau jajan – jajan. Inget orang tua nan,..

Aku : Iya bre tenang, kalo masalah ortu mah gampang, ntar aku bilang ma mereka kalo aku pasti lulus, aku janji,.. 🙂

Cyang bre : Orang tua itu gak cuma pengen anaknya lulus nan, tapi orang tua juga pengen anaknya berprestasi. Apalagi aku liat ortumu juga sempet banggain kamu waktu SD SMP bisa juara umum, kenapa kamu gak pengen mewujudkan itu lagi? dan kita bersaing,..

AKu : Aku udah jenuh bre, udah males,.. eh iya olimpiade fisika maren kan aku udah buktin ke bego an ku dapet juara 25 wkakakaka, dan aku bangga bre bisa dapet juara itu,.. Kamu tau kenapa? Seenggaknya ortuku gak akan membanggakan aku lagi dan gak akan menuntutku buat belajar lebih keras lagi. Aku cuma pengen belajar sesuai mood ku dan berlaku semauku sesuai hatiku dan akuuuu males kuliah,..

Cyang bre : hmm parah lo nan, parah banget,… Iya lo buktiin ya kalo lo gak bakalan lanjut kuliah dengan lo harus dateng pas ujian UM UGM

Aku : Hahaha orang males kuliah malah ditantangin daftar UM,.. gile lo bre

Cyang bre : Liat aja ntar,..

Jreeeeeeeeeng tiba – tid=ba datang seorang lelaki paruh baya dengan sepeda motor smash silver digandolin seorang anak lelaki kecil yang sangat aku kenal. Yups sial om gue ma bang re dateng. Siaaaaaaaaaaallll,…

Om Erwin dan Raihan fairuzi ( sepupuku) mereka adalah bagian dari keluargaku di jogja.

Om : Assalamu’alaykum mb,.. eh ada mb vivi juga

Aku + Cyang bre : wa alaykummussalaam om,.. eh chan ngapain kamu di luar sini masuk, nyariin dek selin po? hahaha

Rai : Ora kok yeee,.. mbak ummi gak bisa ikut kesini soalnya dek baba sakit. Nih titipan dari ummi katanya mbak gak usah pulang ini ada jajan sama beras buat seminggu.

Aku : Baba sakit apa chan? Wah jajan asiiik. Nih bre buat kita ntar

Cyang bre : siaaaaaap,.. makasih ya raihan 🙂

Rai : baba demam, biasalah krucil mbak.

Cyang bre : Oiya om nani gak mau lanjut kuliah ya? padahal pekan ini udah mulai dibuka pendaftara UM UGM dan banyak temen – temen yang daftar loh om.

Aku : Heh ngapain lo bilang ke om bre? ah kowe ki, pasti aku ntar disuruh daftar deh 😦

Om : Wah mbak harus daftar mb, UMG itu bagus mbak, banyak orang dari seluruh indonesia yang pengen masuk sana. Om aja dulu daftar disana 2 kali gak lolos akhirnya om ambil di UMY. Mbak daftar aja nanti om bilang ke bapak.

*Sial pasti gue bakalan di paksa belajar lagi nih 😦

Aku : Hohoho om sebenernya aku males kuliah om, males belajar, lagian aku kan udah ketrima disini sama disana om,.. cuma tinggal milih aja kan om. mau jadi bidan atau mau jadi pramugari ? Asik lo om disana. aku males lah daftar,..

Cyang bre : Om padahal nani udah aku kasih tau lo om kalo UGM itu keren tapi malah milih sekolah yang begituan, parah emang om. sekarang juga jarang belajar lagi dia om.

Aku : Huss diem bre diem :X

Om : Oooo jadi sekarang gitu? yaudah gak usah sekolah aja mb kalo gak mau daftar. Pulang aja ke lampung.

Aku : Yaudah deh om aku daftar deh DAFTAR DAFTAR UM UGM

Cyang bre : Nah gitu dong nan, biar bisa jadi profesor jalan jalan ke jepang hahaha (Tawa kemenangan)

Aku : Yo yo yo yo

Om : Nih uang buat seminggu sama ini uang buat daftar UM. Ntar kalo udah dicetak bilang om, biar om antar keliling UGM biar mbak tertarik buat masuk UGM yang beneran bukan paksaan.

Aku : Ok om, makasih. Btw kalo UGM aku cuma suka Teknik om. mboh teknik opo wae tapi aku sukane mek teknik sipil teknik laine ora seneng.

Om : Yo ono teknik Sipil, teknik nuklir, teknik fisika, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, Arsitektur, Teknik geologi. Oiya temen om pak Agung itu dulu alumni teknik geodesi. Besok kalo pak agung ke rumah bisa tanya – tanya ke pak agung mbak.

Aku : Ok deh om. Teknik Sipil, Teknik Geodesi, Pertanian yo..

Om : Iya itu aja di coba semoga lolos. Mbak vivi mau dafatar apa?

Cyang bre : Masih bingung juga om, kayaknya perikanan.

Om : Bagus itu mbak. Yaudah semoga kalian lolos ya, om pamit dulu. Assalamualaykum.

Aku + cyang bre : Aamiiin, waalaykummussalaam,..

Hari itu aku agak kesel sama cyang bre soalnya gara -gara dia gue terpaksa harus daftar UM UGM dan kuliah disana katanya sih lama,… “Masuknya gampang, Keluarnya susah”,…

Beberapa hari kemudian di sore yang menjelegar karna hujan deras aku dianter om buat liat lokasi tes. Ah hujan pun kami terjang cuma buat ngikutin kemauan orang tua yang kepengen anaknya belajar/kuliah. Wajah manyunku terpasang bak settingan default wajah yang udah fix gak bisa di custom lagi. Settingan fix manyun gara – gara kasus pemaksaan ini 😦

Aku sama om melihat lokasi tes yang kebetulan di Fakultas Kedokteran, Liat mahasiswa – mahasiswa yang lagi pada belajar kelompok jadi inget temen – temen skul, yaudah deh mulai sifat asliku muncul lagi. Yups cerewet tanya ini tanya itu jadi pengen tau banyak hal tentang UGM. Akhirnya aku diajak keliling FK terus lanjut keliling ke FT di jurusan yang mau aku masukin. Pas liat FT kok beda ya suasananya sama FK,.. Cowok semua hahaha dan tengok ke geodesi weh gedungnya,…. kikikiki Lanjut ke teknik sipil. Di depan jurusan teknik sipil itu aku berdoa semoga bisa masuk jadi salah satu mahasiswanya. Tapi tiba – tiba ada sesuatu yang terjatuh dari jaketku. Yups kartu registrasi, disana mataku terbelalak ternyata pilihat 1. Teknik Geodesi 2. Teknik Sipil 3. Pertanian hmm pasarah aja deh gue,..

Hari menjelang tes UM aku siap – siap dari rumah Om karna lebih dekat daripada harus dari kosan. Pagi jam 6:30 aku sampai di FK. Langsung menuju ruang tes.

Dian : Hai nan gimana persiapan? belajar apa aja semalem?

Aku : Aku gak belajar yan, gak sempet. capek pulang skul maren nyelesein pesanan sorenya langsung survey lokasi tes ujan – ujan langsung ke rumah om. Abis itu ketiduran 😦

Dian : Gakpapa nan lolos ato gak itu bukan karena kita belajar kok, tapi karna kita bisa jawab atau gak

Aku : Hahaha betul kamu yan, aku setuju. Lagian aku gak pengen lanjut sebenernya tapi demi paksaan apalah aku harus ikut ini 😦 (dalam hati masih gak terima)

Selesai tes

Dian : Gimana nan? lancar?

Aku : Haha mboh yan, aku ngasal tadi banyak yang aku kosongin yang aku jawab cuma yang aku bisa aja udah mumet liat soalnya

Dian : Iya soalnya susah – susah banyak banget. kira – kira kamu bisa jawab berapa dari 100 soal tadi?

Aku : Hah? salnya ada 100 ya? seriusan yan? Bukannya tadi gak ada soal biologi ya?

Dian : Iya soalnya itu seratus. Adalah masak gak ada biologi? aneh kamu nan. soalnya itu Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Bhs Ind sama Bhs inggris. jadi kamu kira cuma 75 soal doang? Parah kamu nan, bener bener parah hhhaaha

Aku : Hahaha iarin deh udah terlanjur juga. kalo diitung dari 75 soal yang aku jawab yang bener aling 25 doank wkakakaka

Dian : Eh itu belum ditambah soal biologi yang gak kamu jawab nan, jadi 25 dari 100 hahaha,.. gila lo nan parah gak ilang – ilang padahal ini hal paling penting dalam hidup kamu nan

Aku : Biarkan allah yang menjawab kegelisahanku yan 😛 (ngeloyor nyari om yang udah ngejemput)

Malam Pukul 02:00 beberapa hari setelah tes datenglah sms cyang bre

Cyang bre : Nan selamat ya, kamu lolos UM

Aku : Woi bre lo jangan ngigo tengah malem gini,..

Cyang bre : Seriusan nan, klo lo gak percaya lo ntar beli koran. Lo lolos Teknik Geodesi

Aku : Masak sih bre? gue gak jawab soal biologi sama sekali loh,. ah lo becanda nih, jangan – jangan lo mau pamer kalo lo lolos hahha

Cyang bre : Serius demi allah nan, ini ke ajaiban. doa kita di kabulkan allah nan. Aku lolos perikanan kamu teknik geodesi. Gak sia – sia kita nitip doa sama ibuk kos

Aku : Eh seriusan bre? Alhamdulillah ya allah,… makasih infonya bre

Cyang bre : Iya buruan kluar cari koran, kalo gak ntar lo telp aja. atau ntar ada sms pengumuman lolosnya.

Aku : Bodo ah, mau tidur. Btw thanks yah

Cyang bre : huuu dasar bocah,.. jangan lupa beljar

Udah capek ngantuk udah males alas sms lanjutin tidur lanjutin mimpi yang kepotong hahhaa.

“Allah tau apa yang terbaik untuk kita sehingga allah memilihkanku jurusan teknik geodesi, bukan jurusan teknik sipil yang aku inginkan. Allah tau bagaimana cara menyadarkanku lewat pilihanNya yang bukan menjadi pilihanku untuk selalu mengingatNya”.

Paginya om udah ribut – ribut sama bulek. Nyuruh cari koran dll. Aku yang udah tau lolos gara – gara sms dari cyang bre, nyantai dan ogah – ogahan kluar nyari koran. Akhirnya sepupuku Raihan yang nyari koran.

Om : Cieee yang lolos UM, udah sana telp rumah kabarin kalo lolos dan mau kuliah

Aku : Ah males om. Om aja yang nelp ntar malah disuruh belajar lagi

Om : Yaudah om aja yang nelp rumah.

bla bla bla

Di sekolah udah pada rame ngasih selamat aku sama cyang bre sok cool pura – pura gak tau. Kebetulan pengumuman UN sama UM UGM duluan pengumuman UM jadi tetep aja ketar ketir walaupun lolos UM kalo UN nya g lulus ya tetep aja, apalagi aku gak belajar waktu ujian. Seakan nyesel banget dengan semua yang pernah aku lakuin cuma gara gara gak mau mengecewakan konsumen jadi mengesampingkan  kewajiban utama.

Dan hari yang menggetar nggetirkan pun tiba. Yups pengumuman kelulusan skul. Aku LULUS yups alhamdulillah ya allah. Walaupun LULUS dengan nilai jelek yang penting LULUS dan aku lega

Ah kejadian itu udah beberapa tahun lalu dan kami sudah beranjak manjadi mahasiswa. Yups temenku sahabatku itu si cyang bre masih suka sering menterorku dengan buanyaaak banget pertanyaan. Apapun segala hal apapun dia tanyakan kepadaku. Sampe nama jalan, lokasi jalan, hal – hal sepele apapun dia tanya kan ke aku. Suatu hari aku bilang ke dia lewat sms

Aku : Bre lo tanyak kayak beginian ke gue

Cyang bre : Soalnya gue tau nan kalo lo bisa jawab semua pertanyaan yang gue ajuin ke elo. buktinya setiap gue tanya apapun walopun bukan spesifikasi lo, lo bisa ngejelasin dan ngasih jawaban yang memuaskan. makanya gue suka nanya ke elo

Aku : Hu dasar lo, lo kira gue mbah goole? hahhaa

Cyang bre : hahaha lo kan emang google berjalan nan, khusus buat gue ahaha.

Saking seringnya si cyang bre ini nanyak ke gue pernah gue sekali gak jawab sms nya, kenapa? karna pulsa gue abis, dan baru gue bales dua hari kemudian hhahahaha

Sorry ya bre hahahaha,… Ah walaupun lo udah sering cerewetin gue tapi lo emang sahabat gue temen gue yang cerewet smangat gue dan temen tersayang gue. Jiwa gombal gue udah menular ke elo kan sekarang? please don’t call me pujangga cinta again yah 🙂 please promise for me yach,.. I love U cause allah

###Ada beberapa kalimat dan percakapan yang diubah untuk melengkapi isi  cerita

Advertisements

2 thoughts on “Sahabatku Cerewet, Sebuah tulisan untuk seorang sahabat Cyang Bre ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s