Koreksi Citra

Koreksi radiometric ditujukan untuk memperbaiki nilai piksel agar sesuai dengan yang sebenarnya yang biasanya dipertimbangkan adalah factor atmosfer sebagai sumber kesalahan utama. Efek atmosfer menyebabkan nilai pantulan obyek dipermukaan bumi yang terekan sensor menjadi bukan nulai piksel asli tetapi menjadi lebih besar karena adanya hamburan atau lebih kecil karena serapan.
Penajaman Citra
Penajaman citra (image enchancement) meliputi seluruh operasi untuk menghasilkan citra baru dengan kenampakan visual dan karakteristik spektral yang berbeda. Penajaman citra dilakukan untuk membuat citra memiliki kesan kontras yang lebih tinggi dari citra awal.
Penajaman citra dilakukan dengan mentransformasikan nilai piksel, maka akan terbentuk nilai piksel maksmimum yang lebih tinggi dari nilai maksimum awal dan umumnya nilai minimumnya lebih rendah dari nilai minimum awal.
Perentangan kontras menciptakan histogram baru dengan julat yang lebih lebar sehingga kualitasnya lebih baik. Dengan julat yang makin lebar dapat dikenali objek dengan lebih mudah. Untuk merentangkan kontras dilakukan dengan merubah nilai piksel dengan dikalikan faktor pengali atau dengan perbandingan Np input-Np min dibagi dengan Np max-Np min dikalikan panjang julat yang diinginkan. Maka akan didapat nilai piksel baru untuk citra yang digunakan. Secara visual, hasil ini berupa citra baru yang variasi hitam putih lebih menonjol, sehingga tampak lebih tajam dan memudahkan proses interpretasi. (Projo Danoedoro, 1996 : 93).
Koreksi geometric merupakan koreksi terhadap data citra agar dapat diproyeksikan sesuai dengan system koordinat yang digunakan. Acuan dari koreksi ini bisa berupa peta dasar atau data citra sebelumnya yang telah dikoreksi.
Terdapat tiga macam cara untuk melakukan koreksi geometrik citra (Purwadhi, 2001), yaitu :
1.      Rektifikasi atau restorasi citra supaya didapatkan koordinat citra sesuai dengan koordinat geografi.
2.      Registrasi citra ke citra
3.      Registrasi citra ke peta
Transformasi koordinat
Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah dengan melakukan koreksi geometric registrasi citra ke peta, sehingga menghasilkan citra dalam sistem proyeksi tertentu yang sesuai dengan proyeksi peta acuan.
Cara yang dilakukan adalah melakukan transformasi koordinat, yaitu meliputi perujukan titik-titik tertentu yang ada di citra ke titik-titik yang sama di peta. Pasangan titik-titik tersebut kemudian digunakan untuk membentuk fungsi matematis yang menyatakan hubungan antara posisi titik-titik di citra dengan titik-titik pada obyek yang sama di peta (Danoedoro, 1996).
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah transformasi koordinat polynomial orde dua. Transformasi ini minimal menggunakan enam titik kontrol, karena parameter yang belum diketahui sebanyak 12 buah. Persamaam polynomial orde dua adalah sebagai berikut :
x = a1u2 + a2v2 + a3uv + a4u + a4v + a6
y = b1u2 + b2v2 + b3uv + b4u + b5v + b6
Keterangan :    x,y       = posisi obyek dalam sistem koordinat peta
                        u,v       = posisi obyek dalam sistem koordinat citra
                        a1.. a6     = parameter transformasi
                        b1.. b6    = parameter transformasi
            Dalam melakukan transformasi koordinat akan terjadi pergeseran dalam penentuan titik kontrol. Besarnya pergeseran ditunjukkan oleh besarnya Root Mean Square (RMS) Error yang merupakan standard deviasi jarak sel-x dan sel-y hasil transformasi koordinat. Untuk mencari besarnya RMS Error digunakan persamaan berikut :
            X RMS Error =
Y RMS Error  =
Total RMS Error =
Dimana :
x piksel residual = selisih antara kolom sebelum dan sesudah transformasi
y piksel residual = selisih antara kolom sebelum dan sesudah transformasi
Jansen (1996) mengemukakan bahwa total RMS Error yang diijinkan adalah sebesar 0,5 piksel.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s