HIDUP HANYA SATU KALI DI DUNIA

hidup didunia ini hanya satu kali, tak ada manusia yang hidup berkali kali dalam masa dan tempo yang panjang didunia ini. ingatkan diri ini pada sebuah lagu nasyid yang berjudul “bila izrail memanggil”

sekali sengar sedu sedan suara menenangkan, namun begitu dipahami ternyata sangat dalam maknanya.

hidup didunia ini sangat singkat, kalopun ada manusia yang diberi kesempatan hidup lama itu hanya sebagian kecil

namun mayoritas umur manusia modern saat ini hanya mencapai 60-70tahun.

mari berhitung sudah seberapakah banyak bekal yang kita tabung untuk kehidupan akhirat?

HIDUP CUMA SEKALI GUNAKAN UNTUK HAL HAL BAIK DALAM KEHIDUPANMU. MAU NGAPAIN AJA DALAM KEHIDUPAN KMU YANG SINGKAT INI. MUALAI RANCANG DAN RANCANG, HITUNG DAN HITUNG, TENTUKAN CARA DAN SIKAP

misalkan :

umur 0 – 5 th = kita belum bisa dikategorikan berdosa karena masih terbilang anak2 yg berhati putih belum ternoda meskipun kita jg sudah nakal bandel, yah namanya jg anak2 wajar saja jk demikian.

umur 5-10 th = kita sudah banyak bermain mengenal berbagai macam teman dan masih juga bandel malah biasanya tingkat kenakalannya bertambah, namun yang membedakan kita sudah memahami beberapa karakter dan sifat sifat baik, sudah bisa membantu orang tua, sudah mulai mengerti beban orang tua.

umur 10 – 15 th = termasuk golongan ABG Labil, u know ABG Labil kan? lebih mementingkan diri sendiri egois maunya menang sendiri yg jelas sering bgt nyusahin ortu karena kenakalannya apalgi didukung dengan pergaulan yang salah, lingkungan yang kurang bagus jg. tp jk didikan dr ortu OK disini adalah kesempatan emas bg ortu untuk menanamkan nilai2 agama dan moral paling cemerlang yang nantinya akan jd karakter da kebiasaan anak.

so dah g ada lagi yang ditakutkan oleh ortu ketika melepaskan anak2 mereka jauh dr rumah.

keep birrul walidain ya ulhti akhi

umur 15 – 20 th = disini adalah masa transisi yang sebenar benarnya, masa transisi antara ABG Labil dan Pendewasaan.

kalo diumur ini mampu melewatinya dengan baik anak sudah bisa dikategorikan sebagai orang dewasa. sifat – sifat yang nmuncul disini antara lain penyakit “galau dan mulai mengenal yg namanya cinta2an” yg g penting bgt. namun jika berhasil maka dy akan menjadi pribadi yang tenang, selalu positif thinking, no keraguan, no nervous, no lebay, no alay, dan mampu memanajeman diri sendiri.

dimasa ini manusia sudah mulai memikirkan masa depan, cara bagaimana mencapai cita – citanya. santai tapi tetap fokus pada tujuan.

^^

umur 20 – 25 th = mulai ada penyakit gelisah, mikir yang aneh aneh, mau lulus kapan? kerja dmn? mikirin ortu dah sekian lama berhasil membahagiakan blio blm? dan siap dilepas sama blio belum? siapa jodohnya ntar? udah menikmati hidup dengan selayaknya sebagai manusia seutuhnya belum? dah bersenang senang belum? merancang kehidupan dimasa mendatang.

diusia ini tingkat kegalauan biasanya antara kisaran 35% – 75%. lumayan signifikan yah. ^^

umur 25 – 30 th = usia yang matang, walaupun semua tampak biasa saja dan yang terfikir di otak hanya karir, kluarga dan bagaimana membahagiakan ortu tercinta. belum lg jika terpisah dengan ortu dalam jangka waktu yang lama.

perasaan kangen disayang dan dimanja ortu akan sangat mendominasi.

memutar kembali film yang terangkum dalam memori dimana kita sebagai pemeran utama, sebaik dan sepatuh serta sesayang apa kita mengasihi ortu semua akan terlintas dalam setiap detik perjalanan hidup.

lanjutkan sendiri karna saya belum bisa memaparkannya secara jelas karna saya jg belum merasakan usia ini……. ^^

umus 30 – 40 th = menduduki posisi penting dalam karisnya. namun keluarga menjadi prioritas utama. g tahu deh bisa melewati masa masa ini atao nggak, karena peran ortu yang sepanjang hidup mengasihi dan menyayangi kita tanpa henti seiring berjalannya hari perhatian kita akan terkikis……..

astaghfirullah semoga hal demikian tdk akan trjd pada diri kita, smoga birrul walidain kita tetap pada beliau tetap sama dan nggak akan pernah terkikis, meskipun istri/suami kita yang mendominasi kehidupan kita tp tetap keep a care with our parent. karna melalui blio kita ada dan karna melalui blio kita msh bertahan sampai saat ini.

kembalikan semua pada yang maha kuasa.

lanjutkan sendiri karna saya belum bisa memaparkannya secara jelas karna saya jg belum merasakan usia ini……. ^^

umur 40 – 60 th = menempati zona nyaman dan sangat nyaman karena sebagian besar telah menikmati suka duka pahit manis asam asinya dunia, di zona nyaman ini penitik beratan ada pada aktifitas taubatan nasuha.

kenapa demikian ya kemungkinan besar di usia senja telah mengarungi kehidupan yang beragam dan di usia ini mulai memikirkan bagaimana kehidupan kelak diakhirat. lanjutkan sendiri aja karna saya belum bisa memaparkannya secara jelas karna saya jg belum merasakan usia ini……. ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s