Dilema Antara Jogja dan Kep.Riau

Image

Siang itu aku ada rapat di hotel Pop 50 m utara Tugu Jogja tepatnya di sabalah utara pom bensin Kranggan. Ini kesekian kalinya rapat yang pernah aku ikutin selama kerja di pemerintahan, yups kali ini yang ngadain rapat dari PU pusat (JKT) di Jogja ngebahas masalah Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dihadiri beberapa instansi pemerintah beserta SKPD yang bersangkutan juga para tenaga ahli dari konsultan yang ditunjuk oleh PU.

Karna aku dan mb sinta masih punya kesibukan di kantor untuk menyelesaikan beberapa tugas dan undangan rapat lainnya jadi kami menyusul dan ijin terlambat lagian disana sudah hadir gina, bu cesar , pak pam dan pak wahyu jadi kami santai saja. Sesampainya di hotel kami tanya lokasi ruang rapat PU dimana dan mas receptionis menjelaskan lokasi ruang rapat yang telah di booking PU.

Suasana di hotel Pop kurang kondusif menurutku karena ruangannya di setting sedemikian rupa dengan pendinginan AC yang terlalu rendah juga design untuk acara coffe breaknya juga kurang sip jadi peserta rapat kurang efisien dalam mengikuti rapat. belum lagi letak toilet yang jauh berada di depan lobi membuat peserta rapat yang seharusnya menghabiskan waktu 1-2menit untuk ke toilet menambahkan waktu jadi 5-6 menit untuk memenuhi hajat mereka. di luar ruangan kondisi udaranya kering dan panas namun tetap ceria dengan warna warni cat yang beraneka ragam semacam pelangi.

jengjeng sesampainya di depan ruang rapat aku liat gina dan bu cesar di depan ruangan mereka nggak masuk ke dalam ternyata ada beberapa hal yang sedang mereka bicarakan, ntah apa aku tak tau lagian aku juga nggak mau nguping pembicaraan mereka. Beberapa menit kemudian bu cesar masuk ke ruang rapat di susul mb sinta, aku duduk di depan ruang rapat sama gina leyeh – leyeh males masuk ngikutin rapat, lagian aku g paham apa yang di bahas haha.

Selagi kami ngerjain kerjaan sambil onlen di ruang yang sudah disediain kami di datengin bapak – bapak konsultan, duh sayang banget aku lupa nama bapak tersebut siapa. Yang jelas blio alumni dari univ Pakuon Bogor jurusan PWK. Banyak hal yang beliau ceritain termasuk kerjaan. Bagaimana blio hingga memilih jalan untuk berwira usaha dengan menjual jasa sebagai konsultan yang digaet oleh PU pusat, bagaimana trik trik memenangkan tender, bahkan beliau juga cerita tentang keluarganya. Sungguh ini bapak keren baru kenal aja udah bisa ngasih motivasi segudang.

Yups dan aku sangat tertarik dengan cerita beliau tentang wirausaha. wuaaaaaaaa bikin mupeng. apalagi cerita blio waktu dipertemukan dengan istrinya yang ternyata sebenernya udah kenal dan baru nyadar setelah mereka lama tak jumpa.

Disela sela obrolan kami tiba – tiba hapeku berdering rington cibimaruko_chan ngomel – ngomel pertanda ada pesan masuk. Jleb pas aku baca ternyata itu sms dari adek angkatan yang ngasih tau kalo ada lowongan proyek di kep. Riau menghitung volum galian dan timbunan sungai 4 Sumatera dengan gaji 5jt perbulan. wah menggiurkan banget apalagi itu proyek jadi perspektifku kalo proyek lebih asik karna bisa dilakukan sesuka hati dan dateline waktu bisa ditentukan sendiri + lebih fleksibel.

Beberapa menit kemudian setelah sms dari adek angkatan masuk, kini giliran sms dari dosenku masuk. Dari pesan singkat yang dikirimkan dosenku tersebut tertulis bahwa aku harus ke kampus sore itu juga untuk menemui blio dan bapak s3 di ruang s2 kampus jurusan teknik geodesi ugm. duh semakin semangat dapet sms dari bapak dosen yang nggak biasanya. Merasa kalo hari itu hari keberuntunganku. pertama karena udah ketemu sama bapak konsultan skaligus tenaga ahli PU pusat yang udah mengajarkan dan bercerita banyak hal juga dapet sms lowongan kerja proyek, mengingat kontrak kerjaku cuma sampe tgl 14 Desember 2013. Syukur terucap berkali kali melebihi hari biasanya. Maha suci allah.

Rapat P2KH selesai kami berpamitan dan langsung cus menuju kantor di balai kota timoho. sesampainya di kantor kami langsung cus ngerjain kerjaan yang sempat tertunda dengan kecepatan ekstra karena semangat menggelegar hahaha. Aku bikin alarm jam 15:00 dengan harapan bisa ijin dan langsung cus ke kampus kebetulan aku lagi g shalat jadi bisa langsungan.

beberapa jam kemudian alarm berdering aku siap – siap ngemasin barang barang bawaanku kemudian ijin ke pak kabid, pak kasubid dan mb zusri untuk pulang lebih awal 30 menit karna mau wawancara karja di kampus. Arrrrrg akhirnya aku bolos latihan karate untuk kesekian kalinya padahal masih belum hafal kata 2 hean nidan. Lengkap baju karateka + sepasang sandal gunung ku bawa pulang padahal aku juga harus bawa kerjaan berupa peta dan dokumen PLPBK, yups berat dan penuh sesak isi tas ranselku. mungkin jika dia bisa bicara pasti sudah menjerit karna kupaksa masukin segala barangku ke tas, apalagi cuaca saat itu lumayan mendung. lengkap sudah,…

Aku turunin 3 tangga menuju lantai 2 kebetulan ruanganku di lantai 3 jadi yups lumayan capek naek turun tangga tanpa fasilitas lift tapi tak masalah semua itu demi kesehatan juga skalian olahraga ๐Ÿ˜€

Buru buru aku menuju parkiran motor dan langsung cus ke kampus. Lagi lagi ditanya bapak bapak dikiranya aku masih mahasiswa ๐Ÿ˜ฆ padahal udah wisuda ๐Ÿ˜ฆ mungkin wajahku belum pantas menyandang gelar sarjana kali yah ๐Ÿ˜ฆ

Perjalanan ke kampus lumayan macet tapi beruntung karna belum hujan. aku buru buru ambil celah disetiap ada kesempatan di jalan padahal hal tersebut termasuk perbuatan yang tidak tertib lalu lintas, tapi apa boleh buat hihihihi

Sesampai di kampus banyak yang melihatku gara2 aku ke kampus masih berpakaian rapi baju kantor + higheel yang biasanya kalo ke kampus selalu make kemeja teknik + sepatu kats hahaha. Beruntung ketemu adek angkatan yang lagi nurunin tangga mau pulang kuliah, aku tanya keberadaan pak Basit masih di ruangan ataio nggak dan dy ngasih tau kalo aku disuruh keruangan blio. sesampai di depan ruang pak Basit aku disuruh langsung ke lantai 3 ke ruang s2. brrrr perubahan suhu diluar ruangan ke dalam ruangan sangat kontras dingiiin banget. Nampak didepan pandanganku udah ada beberapa cewek tengah duduk mengelilingi bapak bapak, dan perkiraanku benar ternyata itulah orangnya.

Suasana wawancara santai dan penjelasan gamblang banget, duh sayang sekali ternyata antara pengumuman dan kenyataan nggak sinkron. dipengumuman menyebutkan bahwa pekerjaan itu sifatnya proyek dengan gaji 5 jt perbulan, tapi di penawaran jadi 1) Tenaga honorer dengan gaji UMR kep. Riau dan kontrak selama satu tahun, 2) Tenaga ahli/konsultan lepas dengan kontrak selama satu tahun juga namun bebas masuk kerja g tiap hari yang penting project selesai. Rasanya semacam terjebak nammun sebenernya bukan terjebak. Duh semangat yang tadinya full kini bersisa jadi 25% karna harus ninggalin Jogja selama satu tahun artinya aku g bisa bolak balik jogja sesuka hati.

Selain itu mungkin masih ada hati yang tertinggal jika aku meninggalkan jogja dalam waktu satu tahun, kangen banget pasti itu yang bikin aku g nyaman. yups kangen sama suasana jogja tentunya. dalam waktu setahun oh God itu terlalu lama untukku apalagi target aku pengen banget nikah di tahun 2014 walaupun ntah allah bakalan mengabulkan doaku di tahun ini atau memang harus antri di tahun 2015. Ah tu juga termasuk jadi pertimbanganku mengingat belum ada tanda – tanda juga.

Keluar dari ruangan aku ngobrol dnegan anak D3 geomatika namanya atik, dy juga mau mundur kalo tenaga honorer namun kalo proyekan dy mau juga. ahhhh tetep keraguanku memuncak ketika aku mulai memikirkan segala sesuatunya dtambah obrolan panjang sembari nunggu hujan deras reda. Disela – sela obrolan kami tiba – tiba datanglah maba 2013 yang pengen kenalan yadah aku tanggepindan aku kasih tanda tangan sambil nggojekin bocah bocah duh merasa tua apalagi ketika mereka nanyain mb angkatan berapa? udah lulus? kerja dmana mb sekarang? huhuhu polos banget mereka ya allah. banyak cerita dan wejangan aku sampaikan ke mereka setelah mereka beramah tamah dan meminta nasihat dna pesan + kesan ke aku. duh dek,…

Yups hujan mulai reda aku pamitan ke temen seangkatan yang kebetulan kami juga sempet ngobrol panjang lebar mengenai kabar temen temen juga kondisi kampus sekarang sebelum dikerubutin maba maba unyu. aaaaaaah di tengah perjalanan suasana hatiku berkecamuk dan galau. terima nggak terima nggak duh berangkat nggak berangkat nggak galau berkepanjangan. sampe g bisa tidur karna galau pilih jogja atau kep.Riau duuuuuuh sampe nggak bisa mikir akhirnya ngirim pesan ke seseorang buat minta pertimbangan. duh tapi belum di balas2 juga mungkin sedang sibuk atau sudah tidur. dan setelah pagi dengan kantuk yang sangat berat melek merem akibat nggak bisa tidur karna galau aku cabut ke kantor. tepat jam 08:30an hapeku berdering wah nomer baru siapa yah. aku angkat ternyata pak Baktu dari PU Kep.Riau yang menelpon menanyakan kesiapanku untuk cabut kesana. duh dengan perasaan yang serba g enak aku utarakan semuanya dan syukur alhamdulillah blio bisa nerima dengan baik semua penjelasanku.

yups apapun itu segala yang udah aku putuskan segala yang udah aku ucapkan itu nggak akan aku sesali, mungkin jika menurut orang lain aku bodoh karna telah menolak lowongan kerja yang sangat langka itu, namun aku tau yang terbaik untukku saat ini. karna hati nggak bisa bohong walaupun sering kegalauan yang menyelimuti. Jika segala sesuatu itu aku kembalikan lagi ke yang Maha Memelihara lagi Maha Melindungi pasti rasanya akan beda. dan Aku yakin kalau rejeki tak akan kemana ๐Ÿ˜€

Keyakinan Itu Datang Selepas Menonton 99 Cahaya

Image

Semakin hari semakin payah hari โ€“ hari kujalani dalam sehari ini sudah dua kali mengguyurkan diri ke tengah โ€“ tengah derasnya air hujan, sengaja sih emang demi membuktikan ayat Allah jika hati ingin tenteram maka mandilah air hujan minumlah airnya (Al Anfal : 11) karna saking niatnya pengen menentaramkan hati maka mengguyurkan diri di tengah derasnya hujan aku lakukan sebanyak dua kali yaitu tadi pulang kantor sekitar jam 15:30 an dan pulang nonton jam 21:00 an. Sebenernya Cuma alibi aja sih gaya pake menenteramkan hati segala padahal ini hati udah adeeeem ayeeem banget ^^

Ok cerita awal g usah dibaca Cuma intermezzo aja itu td ๐Ÿ˜€

Kemaren sejak ada koment dari mb Nur di fb jadi makin galau pengen nonton karna udah skitar sebulan yang lalu g nonton jadi kangen nonton, kebetulan mb Nur mau kejogja syukur Alhamdulillah napsu gairah nontonku bisa tersalurkan karna nemu temen yang bisa diajak nonton. Arigatou Onichan ๐Ÿ˜€
Janjian dilanjutkan dengan sms an, maklum udah lama g ketemu jadi ya ada rasa kangen yang sangat dan pengen nonton walopun Cuma bentar Alhamdulillah banyak hal yang bisa diambil dari pertemuan selama 2,5 jam ini. Cerita tentang tokoh dibalik film tersebut, cerita pengalaman dibalik film tersebut, pokoknya banyak hal hal yang bikin aku makin sadar betapa Allah saying banget sama hambaNya yang ada di Indonesia. Disini kerja dengan mengenakan jilbab tak jadi masalah, kebebasan menunaikan ibadah dimerdekakan dan dijamin oleh Negara, tapi sebenarnya inti dari cerinya bukan itu,..

Kusadari yang paling banyak aku tangkep tadi selain kebesaranNya juga banyaknya anak anak kecil yang selalu nampak di film ini, wajah wajah lucu imut menggemaskan, keberaniannya dalam berucap dan yang jelas bikin makin mupeng ngeliat mereka tak gentar hadapi hidup, bagaimana mungkin seorang anak kecil yang belum bisa berjalan dan dia berusaha untuk berjalan namun terus tersungkur kemudian dia bangkit lagi, tersungkur lagi dan bangkit lagi demikian seterusnya sampai dia mampu menakhlukkan dunia dengan keyakinannya untuk tetap memilih hijab dan Allah sebagai pegangannya.

Bagaimana mungkin hati โ€“ hati kita bisa kalah dengan napsu dunia dengan melepaskan hijab demi meraih dunia? Bagaimana mungkin kita kalah akidah dengan seorang anak kecil yang di dalam tubuhnya bersemayam penyakit kanker yang membunuh? Poor me, Cuma itu yang bisa aku ucap disela โ€“ sela adegan Aisye berucap dengan penuh keyakinannya. Subhanallah maha besar allah demi langit yang telah Ia ciptakan dan matahari yang dimana Ia terangkan sebagai penerang bumi dimana kami sebagai hambaNya tinggal bertebaran disetiap waktu. Puji syukur kami panjatkan atas segala karunia dan rahmatMu ya Allah.

Mungkin ini beberapa ayat yang wajib aku pahami lagi, karna ku tahu Allah akan selalu memberikan segala yang terbaik menurutNya disetiap langkah kita.

ย ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ููˆุง ุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุงู„ุฑูŽู‘ุณููˆู„ูŽ ูˆูŽุฃููˆู„ููŠ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’

โ€œHai orang-orang yang beriman, taโ€™atilah Allah dan taโ€™atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.โ€ [An Nisaโ€™: 59]

ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูู„ู’ู‚ููˆุงู’ ุจูุฃูŽูŠู’ุฏููŠูƒูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุชูŽู‘ู‡ู’ู„ููƒูŽุฉู

โ€œdan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaanโ€ย [Al-Baqarah: 195]

ู„ุงูŽ ุทูŽุงุนูŽุฉูŽ ููู‰ ู…ูŽุนู’ุตููŠูŽุฉู ุŒ ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุงู„ุทูŽู‘ุงุนูŽุฉู ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู

โ€œTidak ada kewajiban taโ€™at dalam rangka bermaksiat (kepada Allah). Ketaatan hanyalah dalam perkara yang maโ€™ruf (bukan maksiat).โ€ย [HR. Bukhari no. 7257]

ูƒูŽููŽู‰ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ูƒูŽุฐูุจู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูุญูŽุฏูู‘ุซูŽ ุจููƒูู„ูู‘ ู…ูŽุง ุณูŽู…ูุนูŽ
โ€œCukuplah sebagai bukti kedustaan seseorang bila ia menceritakan segala hal yang ia dengar
.โ€ [HR. Muslim]

ุฅูู†ูŽู‘ ุงูŽู„ู’ู…ูŽุงุกูŽ ุทูŽู‡ููˆุฑูŒ ู„ูŽุง ูŠูู†ูŽุฌูู‘ุณูู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ

โ€œAir itu suci, tidak ada yang menajiskannya sesuatu pun.โ€ [Bulughul Maram, Babย miyahย no.2, dari Abu Saโ€™id Al-Khudriy]

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงูŽู„ู’ู…ูŽุงุกูŽ ู‚ูู„ูŽู‘ุชูŽูŠู’ู†ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ู’ ุงูŽู„ู’ุฎูŽุจูŽุซูŽ โ€“ ูˆูŽูููŠ ู„ูŽูู’ุธู: โ€“ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ุฌูุณู’

โ€œJika air mencapai dua qullah tidak mengandung najisโ€, di riwayat lain, โ€œtidak najisโ€ย [Bulughul Maram, Babย miyahย no.5, dari Abdullah bin Umar]

Rinduku yang Terpendam

Minggu 1 desember 2013ย 

Image

sebenernya aku bingung mau nulis apa hahaha, ntahlah mau mulai dari mana. pagi ini aku bangun pagi dan shalat sekenanya karna mau shalat subuh belum saatnya yaudah shalat sunah aja sembari menangis. aku g tau tiba – tiba bulir bulir itu menetes mengalir deras tanpa aku kehendaki, memenuhi sedu sesah di dada.

ku lepaskan semua keluh kesahku padaNya, rasa syukur, sedih, bahagia, kecewa, rindu, kesal semua aku lepaskan kepadaNya. ntahlah semua terasa lega setelah mendengar kumandang adzan dan senyumpun mengembang kala ku dengar bait bait namaNya dilantunkan begitu indah. Ya rabb sungguh indah namaMu namun aku tak pernah mengerti semua itu anugerahMu karuniaMu.ย 

satu hal yang aku inginkan saat ini ya allah peliharalah aku dijalanmu lindungi aku dari kemiskinan batin dan kemiskinan lahir, tenteramkanlah hatiku dengan cahaya imanMu. aku hanya butuh itu saat ini. Ijinkanlah aku tetap menjaga hati dan cintaku bersih suci dan luapkan rasa ini yg tertuju hanya padaMu ya allah.ย 

bantulah aku bertahan dijalanMu ya allah, aku tak ingin tersesat di jalan lain yang peenuh liku, ajari dan bimbinglah aku agar selalu ingat padaMu ya allah.

ย